Campaign cover image

Mimpi Anak-anak Perbatasan Mendapat Banyak Buku Bacaan

“Minat baca anak-anak tinggi namun karena kekurangan buku, anak-anak jadi bosan akhir-akhir ini. Kami pun mencoba mencari kegiatan lain yang bisa mengaktifkan minat anak-anak,” ungkap Daniel Lalang, koordinator Rumah Baca Lentera Perbatasan. Rumah Baca Lentera Perbatasan merupakan salah satu sarana literasi bagi masyarakat di Dusun Berjoko, Desa Sei Limau, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. 

Rumah baca ini berdiri sejak 13 Maret 2017. Berdirinya rumah baca ini karena keprihatinan terhadap dunia pendidikan di perbatasan. “Banyak anak sekolah, tapi saat mereka mencari referensi buku harus jauh-jauh menempuh perjalanan 8 Km. Di sini ada sekolah tapi tidak mempunyai perpustakaan. Sementara minat baca anak-anak maupun orang dewasa tinggi,” papar Daniel Lalang.

Rumah Baca Lentera Perbatasan buka setiap sore, di hari Senin-Sabtu. Biasanya mulai sekitar jam tiga sore hingga jam enam petang dengan diawali kegiatan membaca bersama. Selain membaca, anak-anak juga diajak bernyanyi bersama, menggambar, belajar mengenai pengetahuan umum atau belajar mengenai pelajaran sekolah.

Selama ini buku-buku yang ada diperoleh dari penggalangan buku dan bantuan dari teman-teman di luar Kalimantan. Untuk menambah pengadaan buku bacaan, dibutuhkan dana sebesar Rp 500 juta. Untuk Rumah Baca Lentera Perbatasan sendiri membutuhkan dana sebesar Rp 25 juta.

Selain membantu Rumah Baca Lentera Perbatasan di Nunukan, penggalangan dana ini juga untuk membantu kegiatan literasi dari rumah baca atau taman baca dan kegiatan pustaka yang sudah berjalan di sejumlah daerah. Misalnya untuk pengadaan buku di Taman Baca Lopo Bambu di Oepoli-Pulau Timor, perbatasan Indonesia dan Timor Leste; pengadaan tambahan buku bacaan Kuda Pustaka di lereng Gunung Slamet, Purbalingga-Jawa Tengah, juga pengadaan buku bacaan untuk Rumah Baca Kopiko di Sumba; pengadaan buku bacaan SD Negeri Dasak, Manggarai Barat-NTT.

Ayo kita dukung gerakan literasi lewat rumah baca, taman baca, perpustakaan keliling maupun kegiatan pustaka lainnya. Tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.

 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com