Campaign cover image

Pengembangan Tempat Singgah Pasien Kanker SASANA MARSUDI HUSADA (SMH)

VISI YKI :
"Masyarakat Peduli Kanker"

MISI YKI :
"Meningkatkan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan kanker melalui layanan promotif, preventif dan suportif"


YKI DIY telah secara konsisten menjalankan dan terus menerus mengembangkan berbagai kegiatannya melalui kerjasama dengan berbagai lembaga lain, antara lain : Faklutas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat & Keperawatan UGM, RSUP Dr. Sardjito, Dinas Kesehatan DIY, Perwaklian BKKBN DIY, Dinas Sosial DIY, Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga DIY, BPPM DIY, BBPOM Yogyakarta, berbagai instansi Pemerintah / Swasta, Organisasi Profesi (IDI, IBI, POI, PPNI), Organisasi Wanita, TP. PKK, Mass Media dan lain-lain. Berbagai upaya tersebut mengukuhkan prestasi bagi YKI DIY dengan memperoleh predikat YKI Cabang terbaik se-indonesia.

Sesuai Misinya, YKI DIY mengembangkan kegiatannya meliputi :


PROMOTIF :
Memberikan penyuluhan ke kelompok masyarakat, instansi pemerintah / swasta, organisasi wanita, TP. PKK, sekolah melalui ceramah-ceramah, seminar, siaran televisi / radio, media cetak.


PREVENTIF :
Melakukan deteksi dini kanker leher rahim dengan pemeriksaan pap-smear / IVA dengan biaya yang terjangkau, serta deteksi dini kanker payudara dengan mteode SADARI (Periksa Payudara Sendiri). info : Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara merupakan 2 jenis kanker pada wanita dengan angka kejadian tertinggi di indonesia.


SUPPORTIF :
Pemberitahuan paguyuban Relawan Kanker, Paguyuban Pasien & Mantan Pasien kanker, Paguyuban Orang Tua Kanker Anak dan Indonesian Ostomy Association;

pendampingan oleh relawan kanker, Pendampingan berupa pendampingan sosial, psikologi dan spritual pasien kanker serta menyediakan tempat singgah untuk pasien kanker yang berobat ke rumah sakit dengan tarif sangat murah, bahkan gratis untuk pasien kurang mampu. Tempat singgah ini diberi nama "Sasana Marsudi Husada".


Seiap tahun, YKI DIY telah menyelanggarakan kegiatan Promotif, Preventif dan Suportif melalu penyelnggaraan beberapa kegiatan yang bersifat rutin. Pada tahun 2017, YKI DIY telah menyelenggarakan 52 kegiatan dan membantu 1.444 orang, baik itu pasien kanker maupun masyarakat umum yang membutuhkan pengetahuan mengenai pencegahan dan pengendalian penyakit kanker. Dengan semakin meningkatnya pasien kanker dan intensitas upaya pencegahan kanker dimasyarakat, YKI DIY terus tertantang untuk menggali berbagai upaya filantropi untuk memfasilitasi kebutuhan pasien kanker.


SASANA MARSUDI HUSADA (SMH)
Salah satu kendala besar untuk mewujudkan pelayanan komprehensif bagi pasien kanker adalah ketersediaan akomodasi bagi pasien, mengingat bahwa akomodasi bagi pasien kanker sangat diperlukan untuk memfasilitasi proses pengobatan yang lama dan rutin. Biaya akomodasi sendiri tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan, sehingga terkadang pasien akan mengeluarkan biaya yang besar untuk memenuhi kebutuhan akomodasi selama pengobatan. Hal ini akan sangat menyulitkan bagi pasien, terutama bagi pasien dengan status ekonomi kurang mampu. Atas dasar inilah, YKI DIY memfasilitasi pengembangan tempat singgah khusus pasien kanker. 


TUJUAN :
1. Mengembangkan tempat singgah bagi pasien kanker (SMH)

2. Mengembangkan kerjasama pendanaan untuk pembangunan (SMH)

3. Membantu biaya tempat singgah SMH bagi pasien kurang mampu

PENUTUP :
Dengan adanya pengembangan SMH akan semakin banyak pasien kanker yang dapat ditampung untuk melanjutkan pengobatan medisnya. Oleh karena itu dukungan dengan kepedulian dari berbagai pihak akan sangat diharapkan untuk terwujudnya pengembangan SMH tersebut.

 

BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kominfo BenihBaik.com
Kemensos BenihBaik.com